Sabtu, 14 Desember 2013


BERBAGI PENGETAHUAN UNTUK KEDEPAN





Beberapa tulisan yang lalu aku sudah menjelaskan tentang keinginanku untuk going abroad, tepatnya di Curtin University yang ada di benua tetangga, Australia. Dalam tulisan-tulisan sebelumnya aku mengulas tentang harapan-harapanku seandainya aku jadi kuliah disana. Tapi setelah aku cerita ke teman-teman sekolah tentang Curtin University ini kog mereka sepertinya antusias ya? Bahkan ada beberapa teman yang kepo nanya ini-itu banyaaaaaakk banget tentan kampus ini. Yaudah, mendingan aku bahas disini aja deh ya. Biar semua tau.
            Curtin University ini aku pilih jurusan Kimianya aja. Tapi bagi teman-teman yang berminat, monggo cek. Karena ada banyak banget pilihan jurusan yang ada disini. Ini ada beberapa aja yang aku tau yaitu:
1.      Arsitektur bangunan dan perencanaan
2.      Bisnis dan management
3.      Hukum
4.      Humaniora
5.      Ilmu komputer dan matematika
6.      Ilmu pengetahuan murni dan terapan
7.      Ilmu sosial dan komunikasi
8.      Kesehatan dan kedokteran
9.      Bahasa Inggris
10.  MBA
11.  Pariwisata, perhotelan, dan jasa boga
12.  Pendidikan dan pelatihan
13.  Pertanian dan mata kuliah terkait
14.  Rekayasa dan teknologi
15.  Seni rupa kreatif dan desain
Nah, itu adalah sebagian kecil dari jurusan-jurusan yang ada di Curtin University. Sebenarnya sih disana ada itu ada kurang lebih 815 jurusan studi. Mahasiswanya pun luar biasa banyak. Jangan takut kuper atau merasa paling berbeda, kawan. Karena ada sebanyak 10 ribu mahasiswa asing yang kuliah disana.
Walaupun kita belum mengenal lingkungan sekitar, tapi disana kita mudah sekali mendapatkan tempat tinggal. Ada 2 jenis tempat tinggal disana. Yang pertama yaitu kos-kosan yang ada di kampus. Biasanya harganya cenderung lebih murah dan kita bisa berjalan kaki ke kampus karena jaraknya yang dekat. Yaaahh… mirip-mirip asrama gitu deh. Yang kedua yaitu kos-kosan luar yang ada disekitar kampus. Nggak jauh-jauh banget kog. Karena rumah-rumah kos itu memang disiapkan untuk mahasiswa asing seperti kita. Oh iya, tarif sewa tempat tinggal disana dihitung per minggu loh.
Setelah kita mendapatkan tempat tinggal, tentunya kita juga mencari dokter terdekat dong. Untuk persiapan seandainya sakit tiba-tiba datang nggak diundang. Don’t worry, men! Curtin University mempunya fasilitas kesehatan yang amat sangat memadai. Mereka menyediakan berbagai layanan kesehatan seperti:
1.      Klinik rawat jalan
2.      UGD
3.      Management kesehatan
4.      Management kecelakaan olahraga
5.      Pengecekan kolestrol
6.      Pengecekan diabetes
7.      Vaksinasi
8.      Konseling bagi yang ingin berhenti merokok
9.      Konseling bagi yang ingin menurunkan berat badan
Dan maaasiiih banyak lagi yang nggak bisa aku sebutin satu persatu. Untuk mahasiswa asing seperti kita (amiiinn!) Curtin memiliki wadah khusus untuk menangani kesehatan, namanya adalah Overseas Student Health Cover (Allianz Global Assistance). Layanan ini tersedia pada jadwal yang telah ditentukan pada tiap harinya. Kita bisa mengakses layanan ini karena kita terlindungi asuransi.
Sudah lengkap kebutuhan kita? Tempat tinggal sudah. Layanan kesehatan sudah. Kalau kebutuhan sehari-hari? Tenaaang! Ternyata disekitar sana banyak toko kog. Gampang, sudah lengkap deh kebutuhan kita. Terus, kalau mau kerja setelah lulus gimana? Lanjut yuk!
Seperti yang sudah aku tulis di artikel sebelumnya, disana ada banyak peluang karir. Bahkan mereka punya wadah untuk membimbing karir kita step by step. Curtin University juga mengadakan kerjasama dengan banyaaak sekali perusahaan-perusahaan terkenal dunia. Beberapa diantaranya yaitu:
1.      Australian Technology Netwok
Lembaga ini mendidik kamu untuk siap bersaing di dunia kerja nanti. Jangan takut kalah hebat, karena kita akan mendapatkan pelatihan-peatihan yang keren.
2.      Cooperative Research Center
Pokoknya lembaga ini tempat berkumpulnya para peneliti, pelaku bisnis, asosiasi industri dan juga agen-agen riset milik pemerintah.
3.      Australian Resources Research Centre
Waahh… kalo ini sih tempat kerjanya ilmuwan-ilmuwan hebat yan bergerak dibidang perminyakan dan mineral.
4.      Centre of Behavioral Research in Cancer Control dengan Cancer Foundation
Dari namanya udah bisa ditebak kan, lembaga ini bergerak dibidang kesehatan khususnya kanker.
            Waduh, kebanyakan kalo aku sebutin satu-persatu. Yang jelas, peluang kerja kita semakin besar tergantung dari seberapa pandai kita nanti. Belajar yang semangat yaa!!
            Oh iya, kampus Curtin University ini tersebar di beberapa wilayah, luaaaasss banget. Kampus utamanya yaitu kampus Bentley. Luasnya aja mencapai 116 hektar. Wuussshh..!! terus, ada juga kampus Kalgoorlie, kampus Margareth River, kampus Northam, kampus Perth, dan kampus Shenton Park.
Bagi kalian yang ingin kuliah sambil kerja juga bisa kog. Mau tau caranya? Nih, bocoran dikit dari aku. Kita nggak usah repot-repot ngurus visa ganda. Kita cukup membekali diri dengan student visa aja. Karena dengan visa itu kita sudah bisa bekerja part time maksimal 40 jam per 2 minggu. Tapi kalo mau tambahan uang jajan, kita bisa bekerja unlimited saat liburan tiba. Seru, kan? Nah, untuk yang masih bingung mau nanya lebih banyak, bisa tanya ke konsultan pendidikan,
Jadi makin nggak sabar, ya teman!

0 komentar:

Posting Komentar